Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Xanthones merupakan gabungan molekul yang terdiri atas berbagai senyawa kimia yang berpotensi sebagai antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan telah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Sekarang, berbagai penelitian mengenai khasiat dan manfaat xanthones dalam kulit manggis telah dilakukan di berbagai negara. Berikut ini beberapa hasil penelitian mengenai khasiat dan manfaat xanthone dari kulit manggis bagi kesehatan :

1. Sebagai Antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan proses perlindungan sel darah putih bersama senyawa kimia lain dalam melindungi tubuh dari infeksi oleh benda asing, seperti bakteri dan virus. Lebih mudahnya, inflamasi adalah respon jaringan tubuh terhadap kerusakan. Saat terjadi inflamasi biasanya diikuti dengan peningkatan sel darah putih dengan cepat. Seiring dengan proses tersebut, timbul beberapa gejala, diantaranya terjadi peningkatan suhu tubuh, kemerahan di daerah yang mengalami peradangan, serta pembengkakan dan rasa sakit akibat peningkatan konsentrasi aliran darah. Akibat umum inflamasi adalag radang sendi, alergi dan sakit kepala.

a. Reaksi inflamasi biasanya diikuti peningkatan sel darah putih, peningkatan suhu tubuh, kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit.

b. Akibat umum inflamasi adalah radang sendi, alergi dan sakit kepala.

Jenis reaksi inflamasi bermacam-macam. Ada inflamasi pada tulang sehingga menimbulkan rasa sakit, kekakuan, pembengkakan dan rasa panas. Ada pula reaksi inflamasi oleh udara yang disebabkan alergi, misalnya asma. Inflamasi ini menyebabkan kesulitan untuk bernapas secara normal.

Reaksi alergi merupakan proses inflamasi yang disebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh. Saat pada alergen yag menyerang tubuh, sistem kekebalan merasakannya sebagai bahan berbahaya meskipun sebenarnya tidak. Tubuh bereaksi dengan mengeluarkan histamin untuk melawan bahan tersebut. Hal ini akan memicu munculnya inflamasi dan gejala alergi. Sebagai contoh, sakit kepala yang disebabkan oleh pilek, flu dan sinusitis atau mirgan yang disebabkan inflamasi arteri di leher dan kepala.

2. Sebagai Antibakteri

Kemampuan penting lain dari xanthones adalah mematikan bakteri. Beberapa penelitian tentang manfaat senyawa xanthones memperlihatkan bahwa xanthones bersifat anti mikroba terhadap MRSA (methcillin-resistant staphylococcus aureus) yaitu bakteri yang telah kebal terhadap obat antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi parah.

Hasil penelitian tentang xanthones dari tepung kulit manggis membuktikan bahwa xanthones mampu mematikan bakteri Salmonella enteritidis yang sering menyebabkan penyakit melalui makanan (foodborne disease). Salmonella yang telah diinokulasikan dan berkembang biak di dalam medium agar (PDA) ditetesi dengan ekstrak kulit manggis. Hasilnya, ekstrak kulit manggis dapat merangsang produksi sel fagositik yang akan mematikan bakteri intraseluler.

3. Sebagai Antijamur

Xanthones juga memiliki kemampuan untuk menghambat aktivitas kapang atau jamur. Penyebab penyakit atau fitophatogenik. Beberapa contohnya adalah Fusarium oxysporum V, Altenaria tenius dan Dreschlera oryzae (Cochliobolus miyabeanu). Penelitian yang dilakukan oleh Geetha dan Gopalakrishnan juga membuktikan hal tersebut.

4. Sebagai Antivirus

Salah satu penyakit akibat infeksi virus yang ditakuti banyak orang karena belum ada obatnya adalah HIV. HIV merupakan penyakit yang menyerang seistem kekebalan tubuh manusia. Mangostin xanthones yang terkandung dalam kulit manggis telah dibuktikan mampu menghambat sikulus replikasi virus HIV.

Hasil penelitian Vlietinch (1998) memperkuat penelitian sebelumnya yang dilakukan di Cina yang juga menyimpulkan bahwa ekstrak kulit manggis menunjukkan potensi dalam menghambat HIV -1 protase yang mempengaruhi replikasi HIV. Tampaknya mekanisme kerja xanthones berbeda dengan obat antiretroviral (ARV).

Selain penyakit HIV, hasil penelitian Ignatushchenko et al. (1999) menyimpulkan bahwa xantohnes mempunyai potensi tinggi dalam aktivitas anti malaria yang dilakukan pada hewan percobaan. Meskipun belum diuji klinis, xanthones secara empiris terbuukti mampu menyembuhkan beberap penderia malaria kronik.

This entry was posted in Kulit Manggis and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>